Senin, 14 Januari 2019

Jenis Olahraga yang Aman untuk Pasien Cedera Lutut

| Senin, 14 Januari 2019
Cedera lutut merupakan sebuah kondisi di mana lutut tidak dapat digerakkan seperti biasanya. Ada rasa nyeri bahkan bengkak di bagian sendi lutut. Ketika Anda mengalami cedera lutut dan telah mendapatkan penanganan, tetap bisa melakukan olahraga. Tujuannya agar sendi pada lutut tidak menjadi kaku. Ini jenis olahraga yang aman untuk pasien cedera pada lutut.

Berjalan
Olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa membuat lutut mengalami tekanan yang berat setelah cedera adalah berjalan. Olahraga ini bisa dilakukan dengan perlahan-lahan. Anda bisa melakukannya secara bertahap, dimulai dengan jalan lambat, jalan cepat, sampai nanti lari kecil.
Setiap tahap ini akan membantu proses penyembuhan sendi menjadi lebih cepat. Anda bisa melakukan olahraga ini di halaman rumah dengan mengelilinginya beberapa kali sesuai dengan kemampuan. Gunakan sepatu agar kaki merasa lebih nyaman.

Kardio Step-up
Olahraga yang juga dapat menjadi pilihan bagi pasien cedera lutut adalah kardio step-up. Jenis olahraga kardio dengan intensitas rendah. Gerakannya dilakukan dengan bantuan kursi dan bangku. Letakkan kaki kanan Anda di atas bangku, lalu dorong tubuh ke arah depan hingga lurus dengan menggerakkan otot pinggul.

Saat posisi ini kaki kiri akan terangkat, lalu pelan-pelan turunkan kaki hingga menyentuh lantai. Lakukan secara bergantian dengan perlahan-lahan. Ulangi setiap hari dengan rutin. Jika Anda memerlukan bantuan mintalah bantuan untuk menahan kursi yang digunakan. Lebih aman jika kursi yang digunakan terbuat dari kayu atau besi yang tidak mudah bergeser.

Yoga
Yoga merupakan jenis olahraga yang tidak membutuhkan gerak tubuh berlebihan. Anda hanya perlu duduk dengan keadaan bersila. Di sinilah latihan sendi lutut diuji sesuai dengan kesanggupan. Pilih posisi duduk yang paling nyaman untuk melakukan yoga. Manfaat dari olahraga ini adalah untuk mengurangi stres, sehingga tubuh tidak mengalami kekakuan.

Golf
Jenis olahraga berikutnya yang juga dapat menjadi pilihan pasien cedera pada lutut adalah golf. Olahraga yang hanya dilakukan dengan membuat Anda melakukan latihan berdiri, menyilang kaki, dan berjalan. Latihan ini dibutuhkan untuk mengetahui kestabilan lutut untuk berdiri. Sebelum permainan golf juga perlu pemanasan yang dibutuhkan oleh lutut agar tidak terus kaku.

Sepeda statis
Sepeda statis merupakan olahraga yang banyak menggerakan lutut untuk mengayuhnya. Hanya saja jenis olahraga ini tidak membuat Anda harus menahan beban tubuh. Jenis olahraga ini dapat dilakukan ketika cedera pada lutut Anda sudah bisa digerakkan dan tidak terasa nyeri saat ditekuk.

Anda yang mengalami cedera lutut bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa dan hanya tidur-tiduran. Olahraga di atas dapat menjadi pilihan untuk melatih sendi kaki agar tidak kaku. Anda bisa melakukannya secara perlahan-lahan. Jika mengalami masalah baru pada bagian sendi lutut lakukan konsultasi secara online di dokter.my.

Related Posts