Sabtu, 16 Februari 2019

Cara Memperbanyak ASI yang Sudah Kering

| Sabtu, 16 Februari 2019
ASI merupakan asupan yang sangat dibutuhkan oleh bayi, karena nutisi yang di dalamnya membuat tumbuh kembang bayi dapat terjaga. Bagi seorang ibu, masalah yang akan timbul pada saat memilki bayi adalah ASI yang berkurang atau bahkan ASI yang sudah kering dan tidak bisa dikeluarkan. Berikut cara memperbanyak ASI yang sudah kering.

1. Pijat Payudara
Cara untuk memperbanyak ASI yang sudah kering yang pertama adalah dengan memijat payudara. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan pemijatan pada bagaian pangkal payudara, kemudian dilanjutkan dengan menekan dinding payudara dengan menggunakan dua jari yakni jari tengan dan jari telunjuk.

Kemudian setelah ditekan, lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudar selama 30 detik dan lalu gerakan memutari payudara hingga menuju puting seperti lalayaknya bentuk dari obat nyamuk. Lakukan hal tersebut hanya pada pangkal menuju ting bukan sebaliknya. ASI akhirnya akan bertambah dan dapat juga untuk memperlancarnya.

2. Mengelola Stres atau Emosi
Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menstabilkan emosi pada ibu yang sedang menyusui. Ibu yang sedang menyusui, jangan sampai membuat pikiran stres maupun depresi. Stres dan depresi yang dialami oleh ibu menyusui dapat mengakibatkan penurunan kualitas produksi ASI. Emosi yang dialami ibu tidak stabil berpengaruh butruk pada produksi ASI.

3. Menyusui Cukup Sering
Rangasangan yang dimilki oleh bayi pada saat menyusu dapat membuat produksi ASI Anda lancar. Hal ini dikarenakan cara memperbanyak ASI tersebut membuat kelenjar susu yang macet bisa lancar kembali. Selain cara memijat yang dapat dilakukan, menyusui cukup sering juga dapat dilakukan pada saat bayi lahir hingga bayi tersebut berumur 2 tahun.

Bayi yang baru saja lahir harus membutuhkan ASI setiap 2 hingga 3 jam. Jadi pada saat Anda sering menyusui setiap 2 hingga 3 jam sampai bayi kenyak, payudara tentu akan mengirim perintah pada otak untuk dapat memproduksi ASI kembali sebanyak kebutuhan tersebut.

4. Skin to Skin Nurse
Cara selanjutnya adalah dengan mempertemukan dan bersentuhan dari kulit ibu dengan kulit bayi pada saat menyusui. Bila Anda akan menyusui jangan mengahalangi kulit dengan kain, baik itu kaos maupun bra. Begitu juga sebaliknya, bayi biarkan menggunakan popok. Hal ini selain memperbnayak ASI juga meningkatkan kedekatan antar keduanya.

5. Membersihkan Area Puting
Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk memperbanyak ASI adalah dengan membersihkan area puting. Selama menunggu hari perkiraan kelahiran (HPL) sebaiknya ibu membersihkan area puting secara rutin.

Faktor yang menjadi penyebab ASI tersumbat adalah karena kemungkinan terdapat banyak kotoran yang mengendap pada puting payudara. Cara yang dapat dilakukan untuk memperlancar ASI tersebut adalah dengan membersihkan area puting dengan menggunakan minyak bayi agar kotoran yang terdapat pada area tersebut dapat luruh seketika.

Kegiatan di atas sebaiknya dilaksanakan bagi Anda yang sedang menyusui namun sedang kering agar bayi dapat diberikan asupan berupa ASI yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi tersebut. Untuk mengetahui cara memperbanyak ASI yang lainnya dapat dilihat di situs orami.co.id.

Related Posts